Pengalaman Tidur di Haneda International Airport

Berawal dari ngefans sama kamen rider, doraemon, the last samurai dan novel shogun, bisa dibilang Jepang emang bucketlist gue dari kecil. Alhamdulillah, akhirnya kesampean juga menginjakan kaki ke negeri matahari terbit selama sembilan hari, tiket sudah beli dari delapan bulan sebelum keberangkatan, jadi gue prepared banget sama trip kali ini, iyalah secara Jepang setahun sekali aja boro-boro bisa.

Landing di Haneda jam 22.30 begitu sampai di imigrasi antriannya bener-bener mengular, dan ini kali pertama dibuat amaze sama orang Jepang begitu antrian membludak staff imigrasi dengan sigap membuka semua konter mulai dari counter crew airlines sampai ke dalam ruangan dipake buat umum juga, ini gue gak ngerti sih ruangan kecil ini apa jadi pas lagi antri gue dipanggil buat antrian baru tapi langsung masuk keruangan ini, udah tegang duluan kirain bakal diintrograsi atau apalah tapi ternyata cuma stamp dan scan jari aja, setelah itu langsung nyengir sambil ngomong arigatou sir! Alhamdulillah resmi masuk Jepang.

Gue dan empat temen gue sudah berencana tidur di airport, karena kita sudah cari tau kalau gak mungkin ke pusat kota di jam segitu, karena public transportation stop beroperasi jam 12 malam dan naik taksi ke pusat kota bukanlah opsi yang tepat untuk traveler kere kaya kami. Bandara Haneda itu nyaman buat tidur kok, asalkan gak milih tidur dekat eskalator aja karena berisik suara rekaman mbak-mbak Jepang. Kita milih tidur di departure hall lantai 3 karena seperti cuma disini banyak kursi, gue milih tidur di area dekat musholla jadi masih sempet sholat jamak isya dan magrib juga, mushollanya bersih loh tapi kita gak boleh tidur disini karena sempet keliatan beberapa kali petugas patroli, sebenernya gue sempet ketiduran sih jadi pas Sosan masih sholat gue sempet ketiduran duduk nyender pakai mukena, kedengeran sih ada orang masuk tapi si petugas ini gak negor mungkin dikira gue masih doa dan Sosan pun masih sholat juga..Huehehe.

Kalau tempat cable power/charge hp juga ada di area kursi dekat clock tower kalau ga salah ya, tapi gue kurang suka disini karena terlalu rame dan banyak orang wara-wiri kayanya lebih terang juga, sedangkan di area dekat prayer room itu lebih sepi dan redup.

Haneda Departure Hall 3F

Rame gak sih yang tidur di bandara? Rame kok, dan pada saat itu gue lihat lebih banyak orang Jepang yang tidur di bandara, mungkin mereka ada early morning flight bahkan orang Jepang pun lebih milih tidur di bandara daripada ngeluarin ongkos taksi yang gak ngerti berapa harganya denger-denger postingan orang-orang tarifnya bisa sampai satu juta dari/ ke pusat kota.

Begitu pagi sekitar jam 6.30  sarapan di yoshinoya murah meriah ada lantai 4. Setau gue di Haneda gak ada makanan halal maupun vegetarian. Jadi, gue cari makanan emang yang menunya ayam atau sapi, musti bacain menu yang ga ada lambang  豚 (buta) nya. Walaupun dapurnya jadi satu ya bismillah aja daripada sakit.

Untuk penukaran JR Pass di Haneda ada JR East Travel Service Center di deket Tokyo Monorail Gate / Arrival Lobby lantai 2 buka jam 7.45

Begitu sudah nukar JR Pass kita langsung naik Tokyo Monorail, ini dicover JR Pass juga menuju ke Hamamatsucho Station dan ganti kereta JR ke Shinagawa untuk lanjut naik Shinkansen ke Kyoto.
Anyway, kenapa kita lebih milih Shinagawa dibanding Tokyo untuk ke Kyoto  karena kita naik kereta itu jam nya barengan sama orang kantor yang pasti bakal rame banget dan Tokyo station itu besar banget daripada ribet kesasar. Di Hamamatsucho dan Shinagawa aja kita kewalahan jalan menembus para pekerja Jepang yang jalannya cepet dan lurus aja gitu, berenti dikit aja gue ketabrak mulu jadi musti ekstra sigep.

DCIM100GOPROGOPR0762.
quint berkacamata lagi nunggu shinkansen di Shinagawa

Oh ya, jika naik Shinkansen terutama yang perjalanan jauh  reserve seat aja gratis kok, ini disarankan sama petugas di JR office Haneda karena rute Tokyo – Kyoto merupakan rute padat terutama di jam-jam sibuk.