Fuji-San yang Malu-Malu di Hakone

Hari pertama di Tokyo, gue day-trip ke Hakone yang merupakan salah satu spot untuk lihat si gagah Fuji-san. Untuk di Hakone direkomendasikan untuk membeli Hakone Free Pass, dengan opsi yang berlaku untuk dua atau tiga hari. Free pass ini bisa dibeli di Shinjuku Station dengan harga 5,140 Yen include roundtrip dengan Odakyu Line+Hakone Tozan Line sampai Hakone Yumoto atau bisa dibeli di Odawara Station dengan harga 4,000 Yen. Berhubung gue sudah punya JR Pass jadi beli di Odawara saja, dari Tokyo kita naik shinkansen ke Odawara.

Dengan membeli pass ini, lo dapat free akses tak terbatas untuk Hakone Tozan Railway (Odawara – Gora), Souzan Cable Car, Hakone Ropeway dari Gora ke Togendai, Hakone Sightseeing Boats di Lake Ashinoko, Hakone Tozan bus dan Odakyu bus khusus untuk dibeberapa free area serta Numazu Tozan Tokai Bus untuk Mishima – Moto Hakone.

Begitu sampai di Odawara kita langsung cari tourist information dimana kita bisa beli free pass ini, disana akan dijelaskan bagaimana akses untuk ke spot-spot melihat fuji dan jangan lupa perhatikan waktu selama disana karena ropeway dan cable car itu tutup antara jam 4 atau jam 5 ini gue lupa kalau ada yang kesana coba di make sure lagi ke bagian information jangan sampai disana keasyikan explore ternyata akses transportasi untuk balik sudah tutup.

Setelah menempuh jalan yang cukup panjang dengan cable car akhirnya sampai juga di Sounzan dari situ kita bisa lanjut naik ropeway Owakudani. Sayangnya area Owakudani gak bisa di explore lebih jauh karena beberapa area ditutup dikarenakan gas volkanik, padahal disini kita bisa hiking dan ada beberapa hot spring bagus kalau menurut beberapa situs, dan di hari yang cerah Fuji juga bisa terlihat dari sini.

DCIM100GOPROGOPR0828.
Sightseeing spot in Owakudani

Di Owakudani ini kita bisa transfer ropeway lagi ke Togendai menuju Lake Ashinoko. Diantara jalur ropeway antara Owakudani – Togendai ini kita bisa lihat view Mt. Fuji kalau cuaca cerah, sayangnya saat gue kesana lagi berawan.
Begitu sampai di Togendai bisa makan siang disini ada resto yang jual curry juga atau lanjut naik Hakone Sightseeing Cruise, bisa di cek langsung ke websitenya lengkap ada timetable, fare dan rutenya, berhubung gue pakai Hakone Free Pass jadi sudah include sama cruise ini juga, dan ternyata bentuk kapalnya pirates gitu lucu kaya kapalnya Luffy One Piece.

IMG_3632
Pirate ship shaped Hakone Sightseeing Boat

Rasanya naik boat di Lake Ashi kaya apa? Dingin coy! Gak nyangka anginnya kenceng banget, mulai dari kuping, idung sampai pipi sakit banget kaya ketusuk-tusuk, dan karena angin itu niupnya dari arah kanan gue ngerasa kuping gue budek sebelah. Tapi efek udara dingin dan bersih ini adalah kalau foto berasa jadi cakep karena kulit jadi bersih, Mbak Irene pun mengakuinya. Haha!

IMG_3622
Kulit berasa kinclong disini

Selama berada di kapal gue gak sabar mau lihat penampakan Fuji yang bisa dilihat dititik ketika lo sudah mau sampai di port Moto Hakone, dan ternyata masih gak keliatan Fuji nya ketutup awan. FYI, Hakone Cruise ini punya tiga port ya jadi start dari Togendai-Ko setelah itu berlabuh sebentar di Hakonemachi, disini gue kurang tau sih ada apa tapi lumayan banyak penumpang yang turun kalau gue turun di pemberhentian terakhir di Motohakone, dimana disini ada Hakone Jinja Shrine dengan torii besar dipinggir danau.

IMG_3628
Torii besar dipinggir danau dari spot foto ini seharusnya bisa terlihat Fuji tapi tertutup awan

Begitu sampai langsung nemu tukang makanan cumi bakar serba 500 yen, wah langsung ikutan antri dan mampir ke lawson beli onigiri. Enak! Daerah Motohakone ini juga menyenangkan banyak orang Jepang yang bawa jalan-jalan binatang peliharaannya pake stroller dan lucu-lucu banget.

IMG_3630

Habis itu kita coba nyari big torii yang ada dipinggir danau, posisinya itu bersebrangan dengan gerbang Shrine agak turun kebawah dan ketutup pohon-pohon besar. Tapi viewnya ok banget, dan disitu lo bisa nelusurin jalan setapak yang mirip kaya enchanted forest.
IMG_3770

Kita explore Motohakone ga terlalu lama karena takut keburu gelap dan masih gak ngerti balik ke Odawara naik apa, tapi ternyata bisa naik Tozan bus, tapi turunnya dimana ini gue lupa kalau gak salah Hakone-Yumoto Station, bisa juga turun di Gora tapi karena udah gelap gak mau ambil resiko. Cuma di Hakone doang gue ngerasain macetnya Jepang mungkin karena weekend di tempat wisata juga kali ya, bus nya juga jalannya lambat ngebayangin kalau itu di negara kita pasti supir bus nya sigap nyalip-nyali deh..Hehe!
Anyway buat yang suka sama Le Petit Prince, ternyata di Hakone ada museumnya loh posisinya kurang lebih 18 menit dari Gora.

Berhubung masih penasaran sama si gagah Fuji-san ini, semoga untuk next trip kita bisa beneran ketemu ya entah di Hakone lagi atau ditempat lain yang gak kalah cantik.

IMG_3774
See you soon!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s