Budget Liburan ke Indochina

Kali ini ngerasain panasnya Indochina di bulan April yang super panas. Dapet tiket promo ke Bangkok pas Songkran akhirnya kita bablasin ke Vietnam, di postingan tentang Indochina ini gue bakal share breakdown cost untuk trip dua negara.
Traveling kali ini gue pergi berdua Chika aja, plan awal kita pergi berempat sama Mella dan Tasha, notabenenya kami semua dulunya teman sekantor tapi karena tiket ini sudah dibeli dari jauh hari,  ternyata tiga orang temen gue ini udah keburu resign, dan cuma Chika yang dapet ijin cuti dari kantor barunya.

Sebenernya trip kali ini ada sedikit drama juga buat gue, karena tiba-tiba ada event yang di reschedule yang bertepatan dengan tanggal flight. Alhamdullilah punya Ibu bos baik dan team yang support juga, akhirnya dapet ijin untuk support halfday aja, abis itu handover ke team, dan langsung cuss ke airport dari venue, sebenernya agak deg-degan sih antara ini event aman gak ditinggalin dan was-was juga ngejar flight sore jalan dari hotel di Intercontinental abis lunch time, tapi untung jalanan belum macet-macet amat, dan pas jam 3 gue sampai di terminal 2 Soekarno Hatta.

Highlight trip kali ini emang cuma Songkran, karena sibuk gue gak juga ga bisa well prepared untuk itinerary Bangkok & Vietnam. Jadi gue bagi tugas sama Chika tempat mana aja yang pengen di visit dan gue bikin how to go and cost nya.

Airfare Cost

AirAsia Jakarta – Bangkok
Flight : IDR 666,666
Meal : IDR    33,900
Baggage : IDR 100,000 (20kg, bagi dua sama Chika)

Nok Air Bangkok – Ho Chi Minh City
Flight : IDR 555,600
Baggage : IDR 208,000
Temen gue ga beli bagasi tapi bisa dapat jatah checkin baggage 20kg, gue gak tau ini si Nok Air system error atau gimana jadi baru ngeh setelah gue purchase tiket via traveloka, gue coba cek ke website Nok Air sekalian pilih kursi, yes mereka bisa langsung pilih kursi walaupun belum waktunya check in dan gue coba cek invoice dan eticket yang versi Nok Air ini disebutin yang punya Chika sudah include bagasi 20 kg dan sudah bayar padahal kita gak beli bagasi buat dia. Pas di checkin counter gue kasih aja eticket yang versi Nok Air eh beneran include bagasi 20 kg tanpa harus beli. Rejeki nih namanya, yang nekat mau coba keberuntungan boleh juga tapi jangan salahin ya kalau ternyata ga beruntung.

AirAsia Ho Chi Minh – Kuala Lumpur
Flight : USD 36
Baggage : USD 18 (20kg)
Karena gue punya credit account USD 23,4 jadi untuk flight ini gue cuma ngeluarin uang USD 29,66 / IDR 400,410

Lion Air Kuala Lumpur – Jakarta
Flight : IDR 439,629

Total Airfare cost : IDR 2,404,205
Karena kita beli tiket HCMC – Jakarta agak last minute, ternyata harga tiket sudah mahal semua bahkan untuk yang transit KL juga mahal, akhirnya kita coba ngakalin beli terpisah HCHM – KL dan KL – Jakarta lumayan jadi lebih hemat, walaupun ribet harus pickup bagasi dan pindah terminal lagi. Jadi bisa di cek opsi ini juga kalau mau lebih murah.

Bangkok
Untuk di Bangkok gue cuma tuker THB 6,500 (IDR 2,535,000, kurs April 2017 IDR 390) dan ini sudah include penginapan, transport, makan dan belanja.
Hotel Double DD House 4D3N, private room THB 2.850 share cost : THB 1,425
Sim Card : THB 199

Mui Ne & Ho Chi Minh, Vietnam
Untuk di Bangkok gue bawa USD 100 yang ditukar di money changer, lo bisa tuker di airport atau di toko emas belakang Ben Tanh Market ratenya sama, untuk USD 100 gue dapet VND 2,463,000.
Sim Card : VND 220,000
Bus PP HCMC – Mui Ne : VND 240,000
Hostel Mui Ne 2D1N share cost with Chika : VND 160,000
Sunrise Tour Mui Ne : VND 110,000
Pink Hotel Saigon 3D2N : VND 570,000
Airport Taxi Transfer from Pink Hotel VND 160,000 share cost : VND 80,000
Tip Taxi Driver : VND 48,000

Jadi total cost keseluruhan trip dua negara untuk 8D7N ini sekitar IDR 6,400,000.
Kalau menurut gue angka segini untuk dua negara sudah lumayan murah karena masih bisa masuk ke temple, kulineran di Bangkok dan Vietnam dan shopping seadanya di Asiatique, Chatucak dan Platinum.

Leave a Reply

